10 Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Migrain

Diposting pada

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala. Ciri-ciri paling umum migrain adalah, sakit kepala yang dirasakan di satu sisi, bisa diikuti rasa mual, muntah, atau kepekaan terhadap suara dan cahaya. Migrain menurut ahli kesehatan adalah gangguan neurobiologis yang melibatkan perubahan neorologis dan pembuluh darah di otak.

mengatasi migrain

Untuk bisa mengatasi migrain, beberapa cara paling efektif yang bisa Anda coba diantaranya adalah:

Perhatikan pemicunya

Jika anda merasa rentan terkena migrain, pastikan anda mengetahui apa pemicunya. Melacak penyebab sakit kepala sebelah tersebut akan membantu Anda menghindari agar tidak terkena migrain.

Menikkan tingkat estrogen

Pada wanita, sebelum mereka mengalami menstruasi, mereka akan mengalami penurunan tingkat estrogen yang sangat tajam. Hal tersebut akan menyebabkan munculnya migrain atau sakit kepala sebelah. Jadi untuk mengatasinya, tingkatkan jumlah hormon estrogen. Misalnya dengan mengkonsumsi suplemen estrogen.

Jauhi alkohol

Alkohol juga bisa menyebabkan sakit kepala terutama sakit kepala sebelah atau migrain. Menghindari alkohol akan membantu anda untuk terhindar dari migrain.

Makanlah tepat pada waktunya

Fluktuasi gula darah bisa juga menyebabkan rasa sakit di bagian kepala (migrain). Oleh sebab itu, sebisa mungkin makanlah tepat waktu atau jika anda sering merasakan migrain akibat situasi darah yang tidak teratur, ada baiknya anda makan setiap 3 jam sekali. Setiap anda makan, sebisa mungkin sertakan makanan yang mengandung protein karena bisa membantu menjaga kadar glukosa agar tetap stabil.

Konsumsi minuman berkafein

Kafein adalah salah satu obat sakit kepala yang mungkin jarang anda tahu yang biasanya terdapat di dalam obat sakit kepala yang umum kita temukan di pasaran. Mengkonsumsi kopi atau teh yang mengandung kafein bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala karena migrain. Namun ingat, jangan terlalu banyak meminum kopi. Batasan asupan kopi per hari yang dianjurkan adalah 200 mg.

Perbaiki pola tidur anda

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 lalu ditemukan bahwa apabila kurang tidur, hal tersebut dapat menyebabkan perubahan protein yang berpotensi menyebabkan migren. Jadi, hidupnya secara teratur atau beristirahat secara teratur dalam jumlah yang cukup adalah cara lain untuk mengatasi migrain.

Minuman dingin

Ketika anda mengalami migrain, dibandingkan dengan memilih minuman-minuman panas, para ahli kesehatan lebih menganjurkan anda untuk meminum air yang dingin seperti air es misalnya karena bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Suplemen vitamin B2

Dalam penelitian terbaru, pasien migrain yang mengkonsumsi 400 mg riboflavin (vitamin B2) setiap hari terbukti mengalami penurunan yang signifikan terhadap sakit kepala migrain.

Belajarlah teknik relaksasi

Mempelajari teknik relaksasi (meditasi) bisa membantu Anda melonggarkan otot-otot yang tegang dan meningkatkan kesadaran tubuh. Namun selain dengan cara meditasi untuk rileks, Anda juga bisa mencoba teknik relaksasi yang lainnya, misalnya pijat. Pijat seperti yang kita tahu dapat membantu meringankan kekakuan otot dan kejang-kejang pada leher atau bahu sehingga sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala.

Obat antidepresan

Obat antidepresanseperti tricyclics merupakan obat paling efektif untuk mengatasi migrain. Para peneliti mengatakan bahwa ini merupakan obat yang sangat bagus karena dapat membantu menyeimbangkan tingkat hormon serotonin yang tidak normal. Karena menurut penelitian, tingkat abnormal serotonin adalah salah satu pemicu migrain.