Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Kulit

Diposting pada

Secara umum, orang yang mengalami stres akan mengalami pikiran yang kacau, tidak mampu konsentrasi, dan lebih gampang marah. Ternyata selain itu, stres juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh., terutama bagian kulit Bagaimana bisa?

pengaruh stres terhadap kesehatan kulit

Faktor penyebab stres yang paling utama ialah banyaknya pikiran. Orang yang mengalami stres tidak boleh meremehkan begitu saja. Tentunya harus segera dicari solusi supaya stres berkurang, dan beban mental bisa segera diatasi.

Ternyata orang yang stres berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Terutama kaum wanita, biasanya stres terjadi pada wanita karir. Dimana pikirannya terpecah antara kerjaan rumah dengan kerjaan luar. Yuk simak penjelasan tentang dampak stres terhadap kesehatan kulit.

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah beberapa pengaruh stres terhadap kesehatan kulit:

Membuat kulit menjadi lebih sensitif

Tidak hanya mental saja, pengaruh stres juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dari biasanya. Hal ini terjadi dikarenakan lapisan epidermis terganggu. Epidermis sendiri berfungsi untuk melembabkan kulit dan melindungi kulit. Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat membuat kulit menjadi alergi dan mudah terserang bakteri penyebab timbulnya penyakit.

Menjadikan kulit berminyak

Orang yang terlalu sering mengalami stres dapat menimbulkan kulit menjadi berminyak. Bila produksi minya sudah berlebihan, maka sangat berpotrensi menyebabkan tumbuhnya jerawat dan komedo.

Elastisitas kulit menjadi menurun

Stres juga bisa membuat elastisitas kulit menjadi menurun. Kulit menjadi kering dan kelihatan tua. Ini disebabkan karena orang stres peredaran darahnya terganggu. Sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit menjadi terganggu.

Dapat mengganggu regenerasi sel kulit

Orang yang sehat fisik dan mental regenerasi sel kulit berjalan normal. Tetapi ketika mengalami stres, maka akan regenerasi kulit menjadi terganggu. Sehingga kulit mati tidak bisa dengan cepat untuk digantikan kulit baru.

Demikainlah ulasan dari kami mengenai pengaruh stres terhadap kesehatan kulit. Usahakan untuk tidak stres. Perbaiki pola hidup, rajin olahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa piknik.